Sunday, August 18, 2019

Basic Powershell Command

Hai Sobat! Kembali bersama saya, Ahmad Rifai. Kali ini saya akan memberikan macam-macam perintah yang ada pada powershell dalamWindows Server 2012 Via VMWare. Sebelum itu, saya akan memberikan sedikit pengertian mengenai windows server. Materi ini merupakan lanjutan dari materi sebelumnya, jika kalian belum melihat atau membacanya, kalian bisa klik disini.

Powershell merupakan command line interaktif dan bahasa pemrograman scripting berorientasi objek yang dimiliki oleh microsoft windows yang bersifat open source. Powershell juga merupakan automation platform yang memudahkan administrator dalam melakukakn otomatisasi dan manajemen sistem operasi Windows dan Windows Server.

Powershell dibuat berdasarkan kerangka .NET framework untuk mengimplementasikan berbagai mancam operasi serta dapat menghasilkan output tidak hanya dalam bentuk text tapi dapat juga berdasarkan .net object yang menyebabkan powershell kaya akan object dan funsionalitas.

Powershell juga menyediakan API yang dapat membuat powershell dapat tertanam pada aplikasi lain dan juga aplikasi lain dapat memanfaatkan fungsionalitas powershell untuk mengimplementasikan fungsi tertentu pada aplikasi tersebut.

Setelah membaca pengertian powershell diatas, mari kita mulai siapkan apa saja yang dibutuhkan.


  • Aplikasi VMWare yang telah terinstall Windows Server 2012
  • PC/Laptop

Jika sudah mempersiapkannya, Mari kita lihat apa saja perintah-perintahnya :

1. Pertama, perintah : "help", help memberikan informasi tentang command yang ada dalam windows server.


2. Selanjutnya, perintah : "get-process", get-proccess menginformasikan data penggunaan cpu beserta identitas ID lainnya.


3. Perintah ketiga, yaitu : "get-service", get-service berfungsi untuk melihat aplikasi yang sedang berjalan dan stop.


4. Selanjutnya, perintah : "get-command",  get-command digunakan untuk melihat perintah apa saja yang terdapat dalam cmd.


5. Perintah kelima : "get-command -module nettcpip -name *ip*". Untuk melihat perintah apa saja yang terdapat pada ip.



6. Selanjutnya, perintah : "get -netipconfiguration", digunakan untuk melihat konfigurasi ip address.


7. Selanjutnya : "New-NetIPAddress -InterfaceIndex 12 -IPAddress 172.18.0.37 -PrefixLength 172.18.0.2"


8. Terakhir, perintah : "Get-Command*-*firewall*, digunakan untuk mengetahui beberapa command dari firewall.











Sekian Blog yang kali ini saya berikan. Terima kasih telah mengunjungi blog saya. Jika ada pertanyaan, Silahkan tinggalkan di kolom komentar ya Sobat.

0 comments:

Post a Comment