Sunday, August 18, 2019

Mengubah Tampilan Background dari Terminal(CMD)

Hai Sobat! Kembali bersama saya, Ahmad Rifai. Kali ini saya akan memberikan tutorial cara Mengubah Tampilan Background dari Terminal dalam Windows Server 2012 Via VMWare. Sebelum itu, saya akan memberikan sedikit pengertian mengenai windows server. Materi ini merupakan lanjutan dari materi sebelumnya, jika kalian belum melihat atau membacanya, kalian bisa klik  disini.

Windows Server
          Windows Server adalah merek dagang untuk sistem operasi server yang diliris oleh Microsoft Corporation. Nama ini telah digunakan untuk rilis software berikut: Windows 2000 Server, rilis yang dibuat berdasarkan Windows 2000 Windows Server 2003, rilis Windows Server yang beredar sebelum Windows Server 2008
         Windows Server 2012 terdiri dari 4 edisi, yaitu Windows Server 2012 Foundation, Windows Server 2012 Essential, Windows Server 2012 Standard dan Windows Server 2012 Datacenter. Perbedaan antara satu edisi dengan edisi lainnya terletak pada lisensi, fitur dan harga.
         Untuk menginstall Windows Server 2012, anda bisa memilih apakah menginstall menggunakan Graphical User Interface (GUI), atau Server Core. Server Core lebih baik dari sisi keamanan system (System Security), namun bagi anda yang baru mempelajari dan berkenalan dengan Windows Server, sebaiknya menginstall menggunakan GUI.

Setelah membaca pengertian windows server diatas, mari kita mulai siapkan apa saja yang dibutuhkan.



  • Aplikasi VMWare yang telah terinstall Windows Server 2012
  • PC/Laptop


Jika sudah mempersiapkannya, Mari kita mulai langkah-langkahnya : 

1. Pertama, Kalian klik tanda windows powershell pada Bar Windows.


2. Kalian tanda yang berada di pojok kiri atas windows powershell, Lalu pilih properties.


3. Pada tab font pilih size dan jenis font yang ingin kalian gunakan.


4. Pada tab Colors pilih Screen Text dan pilih warna yang ingin kalian terapkan nantinya.


5. Pada Screen Background, ubah warna yang sesuai dengan warna teks yang telah kalian terapkan sebelumnya, sehingga tulisan dapat terlihat. Jika sudah, kalian klik OK.


6. Maka akan menjadi seperti berikut tampilan dari cmd yang telah kalian terapkan.







Sekian Tutorial yang kali ini saya berikan. Terima kasih telah mengunjungi blog saya. Jika ada pertanyaan, Silahkan tinggalkan di kolom komentar ya Sobat.

0 comments:

Post a Comment