Friday, June 19, 2020

Konfigurasi Screening (FSRM) pada Windows Server 2012 R2


Hai Sobat! kali ini saya akan memberikan langkah-langkah cara konfigurasi FSRM Windows Server 2012  Via VMWare. Sebelum itu, saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai Screening.

Screening merupakan salah satu fitur yang dikembangkan oleh Microsoft yang dimana file yang akan diterima oleh penyimpanan Harddisk harus sesuai dengan jumlah size data dan tipe ekstensi file yang telah ditentukan sebelumnya agar dapat disimpan pada Harddisk tersebut.

Setelah membaca pengertian Screening diatas, mari kita persiapkan apa saja yang dibutuhkan.

Yang perlu dipersiapkan adalah:
  1. VMWare yang telah terinstall Windows Server 2012 R2 (Jika kalian belum menginstal-nya, kalian bisa melihat cara penginstalannya dengan cara klik disini )
  2. PC atau Laptop
Jika sudah mempersiapkannya, mari kita mulai konfigurasinya :

Berikut Konfigurasi Screening pada Windows Server 2012 R2

1. Pertama, Kalian buka Service Manager lalu klik Tools > File Server Resource Manager


2. Selanjutnya, Kalian klik File Screening Management > File Groups > Create File Groups.  Kalian membuat file groups untuk membuat rule baru sesuai kebutuhan kalian.


3. Kemudian, Pada jendela Create File Group Properties, Kalian masukkan nama file group yang ingin kalian buat. (File Include = File yang diarang) sementara (File Exclude = File yang diizinkan). Jika sudah membuatnya, kalian klik OK.


4. File Groups yang kalian buat akan ditampilkan pada menu File Groups.


5. Selanjutnya kalian membuat Template untuk file screen, Dengan cara klik File Screening Management > File Screen Templates > Create File Screen Templates.


6. Pada Template Name kalian isi bebas, Untuk type screening, Kalian pilih “Active screening”. Kemudian kalian pilih File Groups yang telah kalian buat sebelumnya. Selanjutnya kalian ke Event Log.


7. Pada Menu Event Log, Kalian ceklis pada bagian “Send Warning to event log” Kemudian kalian klik OK.


8. Akan muncul pop up notifikasi, Kalian klik YES.


9. Kemudian kalian membuat File Screen yang berfungsi untuk mengecek tipe File. Kalian klik File Screens  > Create File Screen.


10. Kalian arahkan path untuk File Screen yang akan dibuat. Kemudian klik Create.


11. File Screen yang kalian buat akan ditampilkan.






VERIFIKASI

1. Kalian Copy File berekstensi .txt lalu paste ke folder yang dijadikan tempat Screening.


2. File tersebut pasti akan berada di folder yang dijadikan tempat Screening, Karena sebelumnya kita telah melakukan konfigurasi Exclude pada file yang berekstensi .txt


3. Kalian Copy File berekstensi .exe lalu paste ke folder yang dijadikan tempat Screening.


4. File tersebut pasti akan tidak bisa di paste ke folder yang dijadikan tempat Screening, Karena sebelumnya kita telah melakukan konfigurasi Include pada file yang berekstensi .exe. Pasti akan muncul pop up notifikasi























Sekian Tutorial yang kali ini saya berikan. Terima kasih telah mengunjungi blog saya. Jika ada pertanyaan, Silahkan tinggalkan di kolom komentar ya sobat, atau kalian bisa DM Instagram saya @ahmadrrifai_

0 comments:

Post a Comment