Thursday, October 31, 2019

Mengkonfigurasi Data Rate pada Mikrotik


Hai Sobat! Kembali bersama saya, Ahmad Rifai. Kali ini saya akan membahas mengenai Konfigurasi Data Rate pada Mikrotik. Semoga bermanfaat ya sobat.

Berikut contoh design Topologi-nya :


Alat-alat yang diperlukan adalah :

  • Router RB951

  • Adapter Router RB951

  • Kabel LAN



Jika alat-alat yang dibutuhkan sudah lengkap, mari kita mulai :

(Jika kalian menjadi AP SIDE)

1. Kalian jalankan (buka) aplikasi winboxnya.




2. Kalian cek terlebih dahulu nomor yang terdapat pada routerboard kalian, jika sama, jika sama kalian bisa klik pada bagian "IP Address" atau "MAC Address". Lalu kalian klik "Connect".



3.  Pertama, Kalian ke Wireless > Interfaces.


4. Lalu kalian ubah mode-nya menjadi "ap bridge". Ubah juga Band-nya menjadi "2GHz-B/G/N", Lalu ubah SSID dan Radio Name dengan nama yang kalian inginkan. Jika sudah, Kalian "Apply" lalu "OK".


5. Selanjutnya, Kalian ke Wireless > Interfaces > Data Rates. Kalian ceklis pada bagian "Supported Rates B" dan " Basic Rates B" sebesar 2Mbps. Jika sudah kalian "Apply" dan "OK".


6. Jika sudah, Coba kalian lihat di bagian Wireless > Registration. Kalian lihat dibagian "Tx Rate" dan "Rx Rate". Jika kecepatan masing-masing 2Mbps, Berarti sudah berhasil.


(Jika kalian menjadi Client atau Station) 

1. Pertama, Kalian ke  Wireless > Interfaces.


2. Kalian double klik pada Interfaces default berikut.


3. Lalu kalian ubah mode-nya menjadi "station". Ubah juga Band-nya menjadi "2GHz-B/G/N", Lalu ubah SSID dan Radio Name dengan nama yang kalian inginkan. Jika sudah kalian klik "scan".


4. Kalian pastikan terlebih dahulu di "wlan 1". Lalu kalian klik Start, Hubungkan kepada Interfaces yang dibuat AP Side, Selanjutnya kalian klik "Connect". Lalu "Apply" dan "OK".


5. Selanjutnya kalian ke  Tools > Bandwith Test. untuk megetes kecepatan bandwith kalian.


6. Kalian masukkan IP Address AP Side, Jika sudah kalian masukkan, kalian klik "Start".


7. Jika berhasil, Akan menampilkan kecepatan bandwith tersebut.






















Sekian Tutorial yang kali ini saya berikan. Terima kasih telah mengunjungi blog saya. Jika ada pertanyaan, Silahkan tinggalkan di kolom komentar ya Sobat.

0 comments:

Post a Comment