Monday, August 12, 2019

Mengkonfigurasi RouterBoard melalui LAN


Hai Sobat! Kembali bersama saya, Ahmad Rifai. Kali ini saya akan memberikan tutorial Mengkonfigurasi RouterBoard melalui LAN. Saya akan memberikan sedikit pengertian mengenai mikrotik.

Mikrotik adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP, provider hotspot dan warnet. 

Mikrotik didesain untuk mudah digunakan dan sangat baik digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer seperti merancang dan membangun sebuah sistem jaringan komputer skala kecil hingga yang kompleks sekalipun.

Peralatan yang dipersiapkan :
  • Winbox
  • RouterBoard ( Disini saya menggunakan type 951)
  • Kabel UTP
  • Pc/Laptop
Berikut Topologinya :


Jika sudah memiliki peralatan yang dibutuhkan, langsung saja kita mulai langkah-langkahnya

1. Kalian buka aplikasi Winbox.


2. Kalian cek terlebih dahulu nomor yang terdapat pada routerboard kalian, jika sama, jika sama kalian bisa klik pada bagian "IP Address" atau "MAC Address". Lalu kalian klik "Connect".



3. Selanjutnya kalian ke IP > Addresses.


4. Lalu kalian buat ip address yang ingin kalian buat, lalu ubah interface-nya menjadi "ether1". Lalu kalian klik "apply" dan "ok".


5. Selanjutnya kalian ke IP > Routes.


6. Kalian klik tanda "+", lalu isi gateway-nya menjadi "172.18.0.1". Kalian "apply" lalu "ok".


7. Lalu kalian ke IP > DNS.


8. Kalian ceklis-kan "Allow Remote Requests" dan isi seperti berikut.


9. Terakhir kita coba tes "ping google.com" pada new terminal.




Sekian tutorial yang saya berikan. Terima kasih telah mengunjungi blog saya. Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan di kolom komentar ya sobat.

0 comments:

Post a Comment