Sunday, August 4, 2019

Membuat Hostname Serta Banner MOTD dalam Cisco Packet Tracer


Hai Sobat! Kembali bersama saya, Ahmad Rifai. Kali ini saya akan memberikan tutorial cara membuat Hostname dan Banner MOTD dalam Cisco Packet Tracer. 

Yang dibutuhkan dalam pembahasan kali ini :

  • PC/Laptop
  • Aplikasi Cisco Packet Tracker
Mari kita mulai tutorialnya :

1. Kita buka terlebih dahulu aplikasi Cisco Packet Tracer.


2. Selanjutnya kalian buat topologi seperti gambar berikut.


3. Jika sudah, kalian klik pc pada topologi yang kalian buat tadi, lalu kalian pilih "desktop". Selanjutnya kalian pilih "terminal". 


4. Selanjutnya kalian langsung klik saja "ok".


5. Jika sudah akan tampil gambar berikut. kalian ketik "no" lalu Enter.


6. Selanjutnya kalian berada pada User Exec Mode. Pada mode ini kalian mengetik perintah "enable" lalu Enter.


7. Setelah kalian mengetik perintah "enable", kalian akan berada pada Privilage Exec Mode. pada mode ini kalian ketikkan perintah "configure terminal".


8. "configure terminal" digunakkan untuk memasuki mode hirarki selanjutnya, yaitu Global Configuration Mode. Disinilah kalian akan membuat hostname dan banner MOTD.


9. Dalam membuat Hostname, kalian ketikkan "Hostname (nama yang ingin kalian gunakan)". lalu kalian tekan Enter. Contoh :"Hostname Rifai". Jika sudah, hostname yang sebelumnya bernama router akan berganti nama.


10. Selanjutnya kita membuat banner MOTD, dengan cara mengetikkan perintah "banner MOTD z". Lalu kalian Enter. Selanjutnya kalian ketik apa yang kalian inginkan.


11. Jika sudah, kalian Enter. Apabila ingin melihat hasilnya, kalian harus keluar terlebih dahulu dari mode Global Configuration, dan masuk ke User Exec Mode. Dengan cara kalian mengetik perintah "end" lalu Enter, selanjutnya kalian mengetik perintah "exit" lalu tekan Enter kembali.


12. Banner MOTD yang telah kalian buat akan muncul di tampilan awal pada User Exec Mode.











Sekian tutorial kali ini. Terima kasih telah mengunjungi Blog Saya. Bila ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar ya friends!

0 comments:

Post a Comment